Pages

Thursday, February 27, 2014

Ngenest

 Secara bukunya dalam bahasa Indonesia, saya nge-postnya bahasa Indonesia juga yah, biar lebih enak gituh :) Pertama lihat bukunya Ernest ini dari blognya Ranty, dan jujur, saya punya banyak pengalaman jelek dengan membaca buku Indonesia tipis yang mengaku lucu. Dan, jujur juga nih, saya ga terlalu ngefans sama Ernest (ups, maappp!). Tapi kali ini I gave it a chance, karena:

1. Topik yang sering dia angkat sangat relevan dengan saya sebagai Chinese Indonesian
2. Really great job on the back cover of the book! Meng-highlight bagian yang pas, ga jayus, ga lebay, ga overselling.

Saya baca buku ini dalam kira-kira 45 menit, sambil creambath-an. Nikmat banget rasanya dipijet-pijet sambil baca buku yang isinya asik gitu. Biasanya saya baca majalah, karena majalah itu ga perlu mikir dan sama sekali ga berat. Kalau dipijet, tapi bacanya agak berat, pijetannya jadi ga kerasa gitu karena otaknya dibawa mikir instead of dibawa santai. Jadi intinya, Ngenest ini ringan banget lah, walaupun hati-hati tiba-tiba ga nahan pengen ketawa.




Saya suka sama gaya nulisnya Ernest, flownya bagus. Tapi mungkin yang bikin saya bener-bener suka adalah tingkat kelucuan dari materi yang dia tulis. Sangat relatable dan tidak dibuat-buat. Saking senengnya, saya pinjem-pinjemin buku ini ke orang-orang. Biasanya kan kalau ada buku bagus ya sekedar ngasih tau aja, atau recommending. Tapi ini saya rela ngebawa bukunya dan nunjukin fisiknya. Mungkin karena bukan buku bahasa inggris juga kali ya jadi ga sampai sesayang itu kalau jadi agak lecek.. hehe..

Walaupun bagus, ada juga sih negatifnya. Ini dari saya pembaca agak cerewet yang risih banget kalau lihat misprint, spelling/grammar error, apalagi di buku tercetak yang seharusnya sudah di edit sampe editornya juling. Ga papa yaaa... biar buku ketiganya Ernest jadi mantap gitu (ditungguin ya). 

Ada 3 hal yang bikin gatel, satu mengenai editing dan dua mengenai isinya sendiri. Yang bagian editing dulu ya. Banyak banget kata-kata dempetnyaaa!!!! Aduh, tolong dong ditambahin Mas, spasi-spasinya itu. Itu loh, kayak versi word di Mac, terus kalo lo kirim ke yang pake Windows, kan suka gitu tuh, pas dibuka formatnya jadi kacau, kata-katanya pada dempet. Gengges yaaaaaa.....

Kalau dari isinya, begini. Satu. Saya memilih untuk tidak dimasukkan bab mengenai ASI di dalamnya. Bukan, bukan karena saya masih single dan sirik dengan teman-teman yang sudah menikah (jadi pengen curcol). Tapi karena, buat saya tidak appropriate dan bukan tempatnya, dan sedikit menipu pembaca. Saya beli bukunya Ernest karena ingin ketawa-ketawa, sayang sekali nyelip iklan layanan masyarakatnya, walaupun memang saya ngerti juga maksudnya. Tapi jangan dooong, please use other venues. Kedua, ada tulisan bagian tatonya Ernest dan arti nama anaknya, yang diulang di 2 bab.  Pengulangan ini agak mengganggu ya, apalagi dengan buku yang tipis, that means I just read about this like, 5 minutes ago. 

Mungkin yang perlu diperhatikan itu adalah bahwa buku ini adalah kompilasi materinya Ernest. Makanya kadang-kadang terasa ada pengulangan, dan antara satu cerita dengan yang lain tidak berkoneksi. Memang ini adalah cara cepat membuat buku: kumpulin semua materi yang ada dan digabung. Jadi masukan saya untuk buku berikutnya, mohon diingat juga feel pembaca yang tetap mengkonsumsi buku ini sebagai 1 kesatuan.

Jadi, kalau Mas Ernest baca review ini (agak ngarep), mudah-mudahan buku ketiganya well-edited yah. Sayaaaang banget kalau ada yang gengges gengges gitu padahal isinya sudah lucu. Supaya Mas Ernest seneng, let me say this: saya lebih suka ini daripada bukunya Raditya Dika loh.. hihihihihi... Dan kalau memang ada buku ketiga, saya mau jadi pengomentarnya sebelum dipublished. Dibayar pake pangsit bakmi GM aja. Rela.

No comments: